BAGAIMANA PRODUK INDONESIA SIAP BERSAING DI GLOBAL MARKET

Sebagai seorang pelaku bisnis startup seperti saya, menjadikan produk saya mendunia adalah mimpi terbesar, saya bermimpi produk-produk technology saya akan ada di seluruh dunia dan diakses oleh seluruh penduduk dunia, selain bermimpi saya juga berusaha mewujudkan agar produk-produk saya benar untuk mejadi produk dunia.

Bagaimana saya mewujudkan mimpi saya itu, ada 3 hal utama yang saya siapkan untuk merealisasikan mimpi saya itu.

Materi Presentasi
Materi Presentasi

1. Membuat produk yang bermanfaat untuk khalayak dunia

Untuk Menjadikan produk kita berskala global hal utama yang harus disiapkan adalah bagaimana produk itu dapat digunakan oleh seluruh penduduk dunia, jadi ide dalam membuat produk yang global harus sudah disiapkan saat mendevelop produk. hal ini penting karena dengan produk yang berskala global akan memudahkan untuk mengembangkan marketing plan untuk produk tersebut menjadi Brand Global.

2. Set marketing Plan berskala Global

Saat kita ingin memasarkan produk secara global maka yang harus dilakukan setelah produk sudah jadi adalah dengan memasarkan produk kita dengan target audience penduduk dunia, nah disini strategy marketing digital sangat dibutuhkan, karena digital marketing dapat menjangkau seluruh target global. selain itu bikin hubungan dengan stake holder di negara yang akan ditargetkan. selain melalui digital, ikutkan juga produk-produk kita diberbagai ajang forum, event yang berskala international. hal ini berlaku juga untuk produk-produk startup technology, sehingga produk kita bisa dikenal diberbagai negara.

3.buat channel distribusi diberbagai negara

Produk yang bagus dan marketing yang bagus tanpa didukung outlet dan availability produk disegala channel juga tidak bermanfaat, maka dianjurkan untuk membuat channel distribusi yang tersebar diseluruh negara. hal ini bertujuan untuk tidak membuat konsumen atau calon konsumen kita kecewa karena saat mereka ingin mengkonsumsi/menggunakan produk kita ternyata kesediaan produk kita tidak ada, hal ini takut akan membuat konsumen beralih ke produk yang ada dipasar. untuk produk technology bisa di set bagaimana kita produk kita dapat memberikan value added yang berbeda-beda di masing-masing negara.

Demikian 3 langkah saya untuk membuat produk sama berskala international. banyak hal lain dapat ditambahkan, apabila ada teman yang ingin diskusi silahkan mention saya di @AgungpumA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s