Bagaimana Meningkatkan profit Financial Melalui Digital Marketing

Judul dari materi ini sangat sulit jawabannya, tapi sesulit apapun jawaban dan cara merealisasikannya, Brand harus membuat Goal seperti judul diatas “MENINGKATKAN PROFIT”. Dalam Bisnis Profit adalah WAJIB hukumnya.

Brand Masuk ke Channel baru adalah Investasi, mereka menghabiskan biaya development, team yang handle dan waktu dalam pelaksanaannya. dengan pengeluaran biaya yang tidak sedikit dalam mengembangkan Digital Marketing. Brand harus memiliki sebuah rencana yang tepat. dan rencana ini harus disampaikan dengan tepat ke management dan seluruh team yang ada didalam aktifitas Digital Marketing.
Nah Indikator yang tepat dalam menghitung kegiatan Digital Marketing adalah menggunakan R.O.I (Return On Invesment). dalam R.O.I jelas disebutkan Financial Profit adalah titik terakhir dalam membuat rencana dalam strategic di Digital Marketing. dan Gambar dibawah ini adalah Bagaimana Proses R.O.I berjalan:
INVESMENT –> ACTION –> REACTION –> NON-FINANCIAL PROFIT –> FINANCIAL PROFIT 
*(Rumus ini diambil dari materi Presentasi Olivier Branchard)
Saya akan menjabarkan bagaimana proses R.O.I bekerja dalam media Digital Marketing.
1. INVESMENT
       – Saat Brand memutuskan masuk ke ranah Digital, Brand sudah siap dengan beberapa hal yang akan menyedot Budget (biaya Operasional, Waktu dan biaya Development). dalam Investasi ini Brand harus benar-benar tahu bagaimana memanfaatkan budget yang tersedia dan bagaimana campaign di Digital Marketing ini maksimal.
2. ACTION
       – Dalam Digital Marketing yang selalu berkembang, ACTION menjadi yang utama, banyak ide tetapi tidak dilakukan sama dengan nol, tetapi dalam melakukan action dengan membabi-buta juga akan menghambur-hamburkan budget. sayang kan sudah investasi tetapi selalu melempem dalam hasil membangun Brand nya atau malah tidak ada impact dalam penjualannya.
3. REACTION
       – Brand melihat sebuah reaksi dalam ACTION yang kita buat diawal itu juga sangat penting. Dalam Digital Marketing melihat reaction itu sangat mudah dilakukan karena banyak tools di Digital Marketing. nah bagaimana membaca analisa dan mengeksekusi kembali dengan sempurna itu perlu effort dan team yang benar-benar mengerti dan paham.
4. NON-FINANCIAL PROFIT
       – Achivement ini yang sekarang banyak digunakan dalam menghitung pencapaian Brand dalam Campaign di Digital Marketing, hal ini tidak salah, karena Brand dalam hitungan tahun pertama adalah bagaimana membuat percakapan dan membangun Brand Awareness di media Digital. Non-Financial profit Brand dalam Digital Marketing dapat dilihat di Pertumbuhan Like di Facebook, Followers di Twitter, Hit Visitor di Website dan achivement lain dalam campaign yang dilakukan Brand.
5. FINANCIAL PROFIT
       – Ini adalah tujuan akhir R.O.I dalam investasi dalam melakukan aktifitas Digital Marketing. ini adalah hal yang tersulit karena dalam menciptakan kegiatan Digital Marketing yang mampu meningkatkan Financial Profit di Digital Marketing. beberapa strategi sudah ada dalam benak saya tetapi ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.  nah beberapa tips juga pernah saya tulis di artikel saya sebelumnya “Cara Meningkatkan Sales di Social Media”
Lima Urutan R.O.I dalam Digital Marketing diatas apabila dilakukan dengan metode yang tepat dan orang-orang yang tepat akan dapat membantu Revenue Brand Anda.
Nah Silahkan mencoba ….
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s