Digital dan Social Media Indonesia 2012

Era 2012 adalah era dimana digital Marketing Khususnya Social Media sudah menjadi syarat wajib sebuah brand di Indonesia. semua brand sudah mulai hadir di Digital dengan mulai me re-design website hingga membuat channel brand di social media (Facebook Page, twitter, Youtube).
Perkembangan digital di Indonesia memang sangat cepat.  untuk Social media:  Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 42.684.840 user dan menempati peringkat 4 dunia, twitter sebanyak 19.500.000 user dan menempati urutan ke 5.  dan pengguna Internet di Indonesia hampir berjumlah 60.000.000 Pengguna Internet. (sumber ADMA, Saling silang, Tempo.co)
Tujuan Brand masuk ke ranah digital juga bermacam-macam setelah kami amati ada 2 type yang menjadi tujuan brand untuk masuk ke ranah digital.
1. Digital Marketing sebagai media PR-ing.
Sifatnya Horisontal conversation, Disini Brand di tuntut untuk menjadi Brand yang mampu melayani semua yang diminta oleh konsumen, sampai digunakan mengklarifikasi semua isyu negatif yang berhubungan dengan Brand.  yang jadi kendala adalah banyak konsumen indonesia yang tidak menggunakan produknya tetapi ikutan menghembuskan isyu negatif dan akibatnya fatal untuk brand sendiri. dan hal ini perlu dilakukan cara menyingkirkan isyu negatif di Social media.
2. Digital Marketing sebagai tools untuk membangun Brand Awareness
Sifatnya Vertical disini Brand di gunakan sebagai toa sebuah brand untuk meperkenalkan brand baru, kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan  dan available sebuah brand. ini tugasnya lebih mudah karena sifatnya yg satu arah. tetapi brand disini banyak mengkombinasikan 2 type ini.
Solusi untuk brand di tahun 2012 di era perkembangan digital semakin pesat. ada beberapa tips yang mungkin dapat di adopsi di brand anda.
1. Set ulang Goal.
     – Dengan perkembangan digital online dan semakin unique behavior netizen di social media beberapa gola harus sudah diubah, kalo kita amati banyak golongan baru yang baru masuk didunia online (biasa disebut Ababil: ABG labil) dan kekuatan mereka sangat besar di social media khususnya di twitter. karena mereka sangat aktif dalam menciptakan perbincangan di social media. kalo kita amati Trenting Topic yang terjadi di Indonesia adalah hasil karya mereka. misal: Justin Bieber is my inspiration, #SUJUTHEREALWINNERS , #replacesongwithJOMBLO dll. tetapi di balik kekuatan yang besar ini mereka tidak memiliki daya beli yang tinggi, nah bagaimana anda memposisikan brand anda untuk konsumen yang sedang tumbuh subur di Indonesia ini.
2.  Gunakan Tools yang tepat
Planform atau channel brand di Digital dan social media sudah semakin banyak, jangan sampai terjebak kedalam role yang terjadi di digital online, dengan semakin banyak anda pilih maka biaya anda akan semakin membengkak.  maka pilihlah channel yang sesuai dengan brand atau pilih yang efektif untuk brand. untuk social media yang kami rekomendasikan adalah Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest, Youtube dan mungkin 1 produk lokal di Indonesia yaitu forum kaskus.
3. Bikin Campaign yang bersifat Jangka panjang
Setelah goal di set ulang, dan Sudah menentukan tools yang tepat untuk Brand langkah selanjutnya adalah mengabarkan keberadaan channel kita ke khalayak, nah bagaimana menyampaikan keberadaan brand ke khalayak? buatlah campaign yang bersifat jangka panjang. campaign yang bersifat jangka panjang itu bisa berbasis community, atau membuat campaign dengan content yang dapat di lanjutkan di tahap selanjutnya. Misal dengan membuat English day atau Pemilihan duta brand yang akan diselengarakan setiap tahun.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s