Kampanye Politik: TANGKAP, JAGA, KEMBANGKAN

Beberapa bulan terakhir saya memang aktif di dunia politik, saya banyak sharing kepada beberapa teman caleg DPR RI untuk 2014, baik sharing disebuah seminar yang diselenggarakan oleh partai ataupun diskusi kecil melalui BBM dengan beberapa teman caleg. dari beberapa obrolan dan beberapa pertanyaan mereka kepada saya, banyak yang belum mulai berkampanye atau bertanya “kapan sebaiknya saya mulai berkampanye?” jawaban yang saya berikan kepada mereka hanya 1kalimat “SEKARANG”

Tidak ada kata terlalu dini untuk memulai kampanye anda, meskipun hari pemilihan itu akan diselenggarakan tahun depan, hal yang kita lakukan di awal adalah bagaimana pemilih mengenal anda, tidak semua caleg adalah seorang yang populer, mungkin apabila anda dalah Afgan, Agnes Monica atau Ariel Noah mereka dengan mudah dikenal oleh pemilihnya. tetapi kalo kita caleg yang tidak dikenal oleh para pemilih maka kita harus lakukan strategi sejak jauh-jauh hari karena untuk menjadi yang dipilih, tingkat elektabilitas kita harus tinggi.

Ada 3 hal yang harus dilakukan untuk strategi kampanye yang akan dilakukan secara berurutan TANGKAP, JAGA dan KEMBANGKAN dan itu butuh waktu yang tidak sebentar

1. TANGKAP

Arti tangkap ini sebenarnya bagaimana kita mempopulerkan diri kita kepada pemilih mereka, bikin mereka untuk tahu dan tertarik kepada anda, berikan hal-hal positif dan beberapa pemikiran anda. Dalam kampanye TANGKAP ini anda harus lakukan kampanye yang dapat menjangkau seluruh pemilih anda. Pilih media yang tepat dan bersifat luas jangkauannya. apabila anda menjangkau pemilih nasional pilih media yang dapat menjangkau nasional dan apabila anda ingin menjangkau pemilih daerah pilih media yang bersifat lokal. media yang digunakan bisa menggunakan Media TV, Media Radio, Media cetak. jadi tujuan untuk kampanye TANGKAP adalah membuat anda populer dan dikenal pemilih anda secara keseluruhan.

2. JAGA

Langkah kampanye kedua adalah kampanye JAGA, kampanye jaga ini adalah lanjutan kampanye TANGKAP, dimana pemilih yang sudah mengenal anda akan kita jaga hubungan antara anda sebagai caleg dan pemilih. kampanye JAGA ini akan sukses apabila kampanye JAGA anda berhasil dan dapat menangkap pemilih anda untuk dikelompokkan menjadi pemilih yang tertarik untuk memilih anda. Strategi JAGA ini bisa dilakukan dengan cara komunikasi dengan pemilih secara konsisten, diberikan ruang yang sama untuk berdiskusi dan berkreasi dengan anda. dalam strategi JAGA ini pemilih bukan objek tetapi subjek. media yang dapat digunakan untuk kam[panye jaga adalah media yang dapat berkomunikasi langsung dengan pemilih anda. media yang dapat dipilih adalah media social dan kampanye langsung (bazar, talkshow, dan blusukan)

3. KEMBANGKAN

Ini adalah kampanye terakhir dalam kampanye ini poin utama adalah bagaimana kita berkampanye kepada pemilih yang sudah tertarik dengan anda dan pemilih yang sudah kita jaga hubungannya dengan kita. dalam setrategi kampanye KEMBANGKAN ini kita ingin pemilih menceritakan hal-hal positif tentang anda kepada teman-teman mereka, dikampanye ini kita menggunakan pemilih untuk merekomendasikan dan menjadi corong anda untuk berkampanye. hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan social media dan WoMM (Word of Mouth Marketing) strategi.

Sebagai catatan strategi TANGKAP, JAGA, KEMBANGKAN harus dilakukan secara berurutan, dilakukan secara terintegrasi dan 3 hal ini harus dilakukan semuanya.

Saya sangat terbuka untuk masukan dan diskusi untuk strategi bagaimana berkampanye politik

Salam

@AgungpumA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s