Personal Branding di Era Digital

Personal Branding, istilah ini yang banyak mencuat di percakapan online beberapa bulan terakhir ini, banyak orang-orang mengulas dan memberikan tips sukses membangun personal branding.
menurut saya ada 3 tahap awal yang harus kamu lakukan untuk dapat membangun personal Branding. 3 tahap itu adalah sbb:

1. UPGRATE KEMAMPUAN INTERNAL DIRI KAMU

“Your Culture is Your Brand” – Tony Hsieh CEO. ZAPPOS.COM

Quote diatas jelas mengatakan bahwa apa yang kamu lakukan, kebiasaan yang kamu lakukan adalah Gambaran dirimu (Personal Brand). Dan disini menurut saya untuk membangun Culture yang positif dasar nya menurut saya ada 3 hal (Knowledge, Attitude, Skill).
*Knowledge
– Untuk mengikuti perkembangan pasar yang sangat dinamis kita harus terus belajar, dengan belajar maka pengetahuan kita akan terus bertambah. Pengetahuan sangat penting dalam membangun personal branding. dengan kita semakin tahu maka orang akan segan dengan anda dan menganggap anda adalah orang yang sangat berpengalaman di bidang anda.

* Attitude
– Seseorang akan dihargai apabila dia memiliki Attitude yang bagus, membangun personal branding berarti kamu memiliki adat kesopanan. dengan attitude orang lain akan tahu bagaimana anda, dan manusia seperti apa anda.

* Skill
– Skill disini menggambarkan bagaimana anda bekerja atau melakukan hal-hal yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki. banyak orang yang rajin belajar dan memiliki attitude yang bagus tetapi mereka lemah dalam mengeksekusi pekerjaan. nah dengan terus anda mencoba ini akan mengasah anda menjadi manusia yang memiliki skill.

2. SHARE KEMAMPUAN ANDA KEPADA KHALAYAK

Mengupgrade kemampuan diri tetapi tidak kita tunjukkan kepada orang lain, berarti kita tidak mencoba membranding diri kita dan orang tidak tahu akan kemampuan diri kita. maraknya digital life dan social media sebenarnya membantu kita untuk share kemampuan kita kepada khalayak, bahasa saya sih “mengaktualisasi diri” kepada masyarakat umum.
ada beberapa tips bagaimana anda menggunakan fasilitas online untuk mengaktualisasi diri anda.

*Buat sebuah blog atau website personal di Online
– Dengan membuat Blog jelas publik dapat mengetahui anda, mengklarifikasi anda di online dan tahu bagaimana anda berfikir. memiliki blog berarti memiliki store resmi tentang ide-ide anda.

*Bersocial media melalui twitter, FB, linkedin dll
– Bersocial media adalah syarat mutlak untuk membranding personal anda, karena social media adalah tempat berkumpulnya publik dan Gratis. bayangkan apabila tidak ada social media, bagaimana anda membangun personal branding anda? spend budget memasang foto anda di majalah atau TVC anda di primetime Televisi???. kembali bagaimana cara anda bersosial media, KAS yang anda miliki harus anda sampaikan dan anda harus menunjukkan diri anda sesungguhnya (tentunya hal yang baik). nah sampaikan ide-ide anda yang sudah dirangkum dalam blog.

*Ikut aktif mengshare artikel-artikel anda di forum-forum yang berhubungan dengan anda.
– Selain social media dan blog, jangan lupakan juga forum-forum yang ada di dunia online, dengan artikel tulisan ide-ide anda yang dimuat akan meningkatkan value personal brand anda. Anda semakin dipercaya oleh publik bahwa anda memiliki kemampuan.

3. EVALUASI APA YANG SUDAH ANDA LAKUKAN

Di point terakhir ini anda dapat mengevaluasi apa yang sudah anda lakukan dan hasil apa yang kamu peroleh. apabila hasilnya kurang memuaskan anda dapat mengulang 2 hal diatas. dan mengkoreksi apa yang salah sehingga anda dapat mencapai posisi terbaik personal brand anda dimata para publik.

Nah itu sedikit personal branding menurut saya, mohon dikoreksi apabila ada kekurangan. saya hanya mencoba berbagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s